Diabetes Gestasional, Inspidus dan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Jenis atau Macam Penyakit Diabetes Mellitus dan Penyebabnya

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang Macam(jenis), pengertian, penyebab, obat dan cara menyembuhkan Diabetes melitus, Diabetes Gestasional, Diabetes Tipe 1, Diabetes Tipe 2, Diabetes insipidus dsb..

Ada lima Macam atau Jenis penyakit Diabetes Mellitus yang sekarang diakui oleh para ahli kesehatan. Mereka berakar dari dua jenis utama diabetes yang kita lebih akrab, yang tipe I atau Insulin Dependent-Diabetes Mellitus (IDDM) dan tipe II atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Klasifikasi ini diabetes mellitus adalah alam yang berbeda dan manifestasi sesuai dengan karakteristik mereka (tanggapan terhadap insulin dan glukosa, dan / atau cara mereka akuisisi).

Diabetes mellitus pada dasarnya adalah sekelompok gangguan metabolisme yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi karena produksi insulin yang rusak, pemanfaatan, dan respon sel. Meskipun klasifikasi masalah kesehatan ini bervariasi, itu adalah umum poliuria nyata atau frekuensi buang air kecil, polidipsia atau sensasi abnormal haus yang ekstrim, dan polifagia atau sensasi abnormal kelaparan ekstrim.

Jenis atau Macam Penyakit Diabetes Mellitus dan Penyebabnya

1. Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (IDDM)

Jenis atau Macam Penyakit Diabetes Mellitus dan PenyebabnyaHal ini dikenal sebagai diabetes mellitus tipe I. Jenis diabetes ini menyumbang hampir 10% dari populasi diabetes. Sebagai istilah menyiratkan, diabetes mellitus tergantung insulin tidak yang responsif terhadap manajemen kesehatan selain penggunaan insulin. Diet, olahraga dan hidup sehat dapat digunakan, tidak untuk menurunkan kadar glukosa darah, tetapi untuk meningkatkan penyerapan tubuh insulin dan obat lain. Ini klasifikasi diabetes memiliki presentasi yang cepat dari manifestasi umum seperti poliuria, polidipsia, polifagia, dan penurunan berat badan. Ini biasanya mempengaruhi orang di bawah usia 30 tahun dan penduduk lanjut usia. Diabetes mellitus tergantung insulin umumnya terkait dengan infeksi virus dan autoimunitas sebagai penyebabnya.

2. Non-Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

Jenis atau Macam Penyakit Diabetes Mellitus dan PenyebabnyaIni juga disebut diabetes mellitus tipe II. Penyakit diabetes mellitus macam ini menyumbang hampir 90% dari semua kasus diabetes. Hal ini sering dikaitkan dengan kecenderungan familial dan obesitas. The cukup produksi dan sekresi insulin dari pankreas dan resistensi insulin tubuh dari jaringan perifer adalah penyebab paling umum dari diabetes mellitus non-insulin-dependent. Manifestasi klinis klasifikasi diabetes biasanya berbahaya dengan terjadinya infeksi, kelelahan dan berat badan. Ini biasanya mempengaruhi orang berusia 30 dan di atas. Diet, olahraga dan hidup sehat masih memiliki dampak yang besar dalam pengelolaan diabetes mellitus non-insulin-dependent. Agen hipoglikemik oral (obat yang menurunkan kadar glukosa darah) mungkin atau mungkin tidak termasuk dalam rejimen pengobatan.

3. Gestational Diabetes Mellitus (GDM).

Jenis atau Macam Penyakit Diabetes Mellitus dan PenyebabnyaDiabetes mellitus jenis ini terjadi pada wanita hamil dan biasanya menghilang setelah melahirkan atau penghentian kehamilan dengan aborsi. Hal ini mempengaruhi hampir 3% dari semua ibu hamil. Ini adalah alasan mengapa mereka harus menyerahkan diri untuk tes skrining selama mereka 24 th -28 th minggu kehamilan, untuk mengetahui apakah mereka memiliki kemungkinan mengembangkan diabetes tipe ini dan mempekerjakan intervensi medis yang diperlukan untuk meminimalkan efek negatif untuk kedua ibu dan janin. Diabetes gestasional terjadi selama kehamilan dan diwujudkan oleh perkembangan intoleransi karbohidrat antara ibu. Ini klasifikasi diabetes mellitus tidak hanya menempatkan kehidupan ibu yang dipertaruhkan, tapi juga memiliki kecenderungan tinggi untuk menciptakan masalah kesehatan janin baik di dalam maupun di luar rahim. Bayi besar untuk usia kehamilan adalah contoh dari komplikasi diabetes mellitus gestasional, ini predisposisi ibu pengiriman operasi caesar.

4. Gangguan Toleransi Glukosa (IGT).

macam(jenis) penyakit diabetes melitus dan penyebabnyaDiabetes mellitus jenis ini sebelumnya disebut pradiabetes atau diabetes fase terang-terangan karena tingkat gula darah dalam batas atas kisaran normal, namun, tidak dianggap sebagai diabetes penuh sesak nafas. Ini memiliki kemungkinan tinggi untuk berkembang menjadi diabetes mellitus atau mungkin juga tetap dalam status kesehatan ini, tergantung pada tanggapan terhadap faktor-faktor lain. Meskipun tingkat gula darah tidak terlalu tinggi, atau diabetes tidak terlalu parah, namun dapat mengembangkan komplikasi seperti penyakit jantung dan hipertensi (tekanan darah tinggi) jika dilakukan penanganan yang tepat.

5. Diabetes berhubungan dengan kondisi kesehatan lainnya

klasifikasi penyakit diabetes melitus dan penyebabnyaJenis diabetes mellitus ini terjadi dari kegiatan dan kondisi kesehatan yang menyebabkan penghinaan terhadap pankreas dan / atau mengubah produksi insulin dan penggunaan. Hal ini dinyatakan disebut sebagai pengembangan disengaja diabetes mellitus. Hal ini dapat baik dikembangkan melalui efek samping dari penggunaan obat seperti kortikosteroid atau proses penyakit seperti pankreatitis dan kanker pankreas yang sangat mempengaruhi produksi insulin. Ini klasifikasi diabetes mellitus mungkin atau mungkin tidak dikembalikan dalam kasus masalah penyebab dikelola.

Diabetes insipidus

Penyakit Diabetes insipidus adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ginjal tidak mampu mempertahankan hak air jumlah yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh ketika darah sedang disaring.

Jumlah yang tepat air yang harus dipertahankan oleh ginjal dikendalikan oleh hormon yang disebut hormon antidiuretik ADH atau. Hormon ini juga disebut vasopressin.

Hormon antidiuretik (ADH) yang dihasilkan oleh daerah hipotalamus otak. Hormon yang dihasilkan disimpan dalam kelenjar pituitari hadir di dasar otak. Rilis kelenjar hipofisis ADH sebagai dan bila diperlukan oleh tubuh.

Apa sebenarnya yang terjadi?

Volume dan komposisi cairan tubuh yang seimbang dengan asupan dan ekskresi cairan. Ginjal membuang cairan tubuh berlebih dalam aliran darah yang disimpan sebagai urin dalam kandung kemih.

Ketika hormon ADH mencapai ginjal, itu sinyal untuk beberapa air yang akan diserap kembali untuk menebus hilangnya cairan karena berkeringat atau dehidrasi. Diabetes insipidus terjadi ketika proses ini tidak bekerja dengan benar.

Jenis Diabetes insipidus dan Penyebab

1.Central Diabetes insipidus adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar pituitary memproduksi jumlah rendah hormon antidiuretik (ADH).

Penyebab Diabetes insipidus Central

ketika kepala terluka

  1. karena infeksi
  2. tumor di otak
  3. operasi di kepala
  4. suplai darah terputus ke kelenjar pituitari
  5. infeksi yang parah
  6. Dalam beberapa kasus, Central Diabetes insipidus dapat disebabkan oleh genetika.

2. Nefrogenik Diabetes insipidus

Nefrogenik Diabetes insipidus terjadi ketika ginjal tidak menanggapi ADH.

Penyebab Diabetes insipidus nefrogenik :

Nefrogenik Diabetes insipidus dapat disebabkan oleh

  1. obat-obatan seperti lithium, amfoterisin, demeclocycline
  2. tingkat tinggi kalsium dalam tubuh
  3. penyakit ginjal polikistik

3. Diabetes Dispogenic

Diabetes Dipsogenic terjadi ketika mekanisme rasa haus yang dikendalikan oleh hipotalamus otak tidak berfungsi dengan baik. Karena ini, orang merasa sangat haus dan minum banyak air.

Kelebihan asupan air menekan produksi ADH dan hasil dalam peningkatan produksi urine.

4. Diabetes insipidus Gestational

Gestational Diabetes insipidus terjadi hanya selama kehamilan. Enzim yang diproduksi oleh plasenta menghancurkan ADH yang menghasilkan Gestational Diabetes insipidus.

Gejala Diabetes insipidus

  1. Sering buang air kecil terjadi dalam kasus Central Diabetes insipidus / nefrogenik Diabetes insipidus / Gestational Diabetes.
  2. Haus berlebihan terjadi dalam kasus Dipsogenic Diabetes.

 

Perbedaan antara Diabetes insipidus dan Diabetes mellitus

  1. Diabetes insipidus dan diabetes mellitus memiliki gejala umum seperti kelebihan haus dan sering buang air kecil, tetapi mereka tidak sama.
  2. Diabetes insipidus adalah karena ADH diproduksi di kelenjar hipofisis dan tidak ada hubungannya dengan insulin.
  3. Diabetes mellitus adalah karena kurangnya hormon insulin atau karena resistensi insulin. Insulin diproduksi oleh pankreas.