Definisi,Penyebab,Obat dan Cara Mengatasi Obesitas atau Kegemukan

Apa itu Obesitas atau Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengelolanya – Artikel ini menjelaskan epidemi obesitas di seluruh dunia, termasuk pengertian atau definisi obesitas, prevalensi dan konsekuensi kesehatannya, obat pelangsing untuk penderita obesitas, serta kebijakan dan pedoman yang tersedia untuk mengatasi(menyembuhkan/mengobati) obesitas.

Obesitas atau kegemukan telah menjadi epidemi di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 300 juta orang di seluruh dunia menderita kegemukan. Obesitas adalah istilah klinis yang digunakan untuk menggambarkan kelebihan lemak tubuh, sekarang diklasifikasikan sebagai kondisi kronis. yang paling sering digunakan ukuran obesitas adalah ukuran yang obyektif dari Index Massa Tubuh (BMI), yang diukur dengan membagi berat badan seseorang dengan kuadrat tinggi badan. Pada orang dewasa BMI 25-29.9kg / m 2 dianggap kelebihan berat badan sementara BMI> 30 kg / m 2 dianggap obesitas.

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang paling serius yang dihadapi dunia saat ini. Kegemukan mengakibatkan harapan hidup berkurang dan / atau peningkatan masalah kesehatan. Kegemukan tidak sama dengan kelebihan berat badan, yang berarti berat terlalu banyak. Seseorang mungkin kelebihan berat badan dari otot ekstra, tulang atau air serta memiliki terlalu banyak lemak. Namun demikian kedua istilah berarti bahwa berat badan seseorang lebih tinggi dari apa yang dianggap berat badan yang sehat. Kecenderungan penambahan berat badan berbeda dari satu orang ke orang lain karena faktor seperti genetika, masalah kesehatan, tingkat aktivitas umum dan masalah mobilitas. Metabolisme anda menentukan seberapa efektif kalori yang Anda ambil digunakan. Masing-masing individu memiliki kebutuhan kalori harian mereka sendiri, yang disebut tingkat metabolik basal

Apa itu Obesitas atau Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengelolanya

Kegemukan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis dan komorbiditas, termasuk diabetes, hipertensi, penyakit arteri koroner, stroke, dan berbagai kanker. Dalam tertentu, diabetes cenderung meningkat sebagai prevalensi obesitas meningkat; 90% dari individu dengan diabetes tipe 2 dilaporkan kelebihan berat badan atau obese. Itu adalah 20-80 kali peningkatan risiko pengembangan diabetes tipe 2 untuk individu yang mengalami kegemukan dibandingkan dengan individu non-obesitas.

Kegemukan juga berhubungan dengan empat kondisi disabiltas yang paling umum, yaitu arthritis, penyakit mental, ketidakmampuan belajar, dan masalah punggung. Kemungkinan memiliki cacat lebih besar antara individu kegemukan dibandingkan dengan individu dengan berat badan sehat. Telah ditemukan bahwa orang yang mengalami kegemukan dua kali lebih mungkin untuk menderita disabilitas. Fisik  mereka memiliki peningkatan risiko 84% dari mengembangkan kondisi muskuloskeletal seperti nyeri sendi atau otot, 35% peningkatan risiko masalah punggung, dan empat kali risiko mengembangkan arthritis

Apa itu Obesitas atau Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengelolanya

pengertian obesitas(kegemukan)

Prediktor independen utama obesitas telah ditemukan adalah usia yang lebih tua, status merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan hipertensi. Income dan konsumsi alkohol juga telah ditemukan untuk memainkan peran di kegemukan. Kegemukan yang disebabkan gaya hidup seperti ini adalah dapat dicegah. Intervensi gaya hidup adalah tindakan pertama dalam menanggulangi kegemukan. Meskipun dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup individu secara signifikan mempengaruhi apakah atau tidak mereka mampu mempertahankan berat badan yang sehat . Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa “ada bukti yang meyakinkan bahwa asupan tinggi energi makanan padat dalam menaikkan berat badan” dan bahwa “Pengeluaran energi melalui aktivitas fisik adalah bagian penting dari persamaan keseimbangan energi yang menentukan berat badan”. Bukti menunjukkan bahwa individu perlu untuk mengelola ‘keseimbangan energi’ mereka untuk mempertahankan berat badan yang sehat sehingga asupan energi (kalori dari makanan) tidak melebihi keluaran energi (kalori yang terbakar melalui aktivitas fisik ). Lifestyle untuk mengelola berat badan termasuk asupan tinggi serat makanan dan total setidaknya 30-menit aktivitas fisik intensitas harian moderat pada lima atau lebih hari dalam seminggu .

Penyebab Obesitas atau Kegemukan

Penyebab obesitas:

  • Mengambil lebih banyak kalori dari yang Anda dapat membakar tubuh manusia menyimpan kalori un-digunakan sebagai lemak.
  • Tidak cukup berolahraga, seperti dalam tidak aktif, menjadi “sofa kentang, tidak memiliki berjalan setiap hari dan hal-hal lain.
  • Minum terlalu banyak alkohol, yang juga memiliki banyak efek lainnya.
  • Meningkanya tingkat obesitas pada “tingkat masyarakat” dirasakan karena diet yang mudah diakses dan enak, meningkatnya ketergantungan pada mobil dan manufaktur mekanik.
  • Cara kita makan ketika kita masih anak-anak, yang berarti kebiasaan makan kita dapat mempengaruhi cara kita makan seperti cara dewasa.Staf kita makan selama bertahun-tahun telah menjadi seorang habit. Itu mempengaruhi apa yang kita makan, ketika kita makan dan berapa banyak kita makan.
  • Sebuah jumlah terbatas kasus karena alasan genetik atau medis seperti seseorang yang menderita kelenjar tiroid atau mengambil obat-obatan seperti pil KB dan anti-depresan.

Kurang berpengaruh tapi mungkin alasan lain untuk peningkatan obesitas dalam beberapa tahun terakhir termasuk:

  • Cukup tidur, stres, kecemasan atau perasaan sedih. Ini tidak berarti bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menderita lebih banyak masalah lebih emosional dari orang normal. Ini maksudnya bahwa kondisi perasaan mereka dapat menyebabkan mereka untuk makan lebih banyak.
  • Kegemukan dapat dikaitkan dengan disorder makan lainnya, seperti pesta makan atau bulimia.The istilah “gangguan makan” berarti sekelompok kondisi medis yang memiliki fokus yang tidak sehat pada diet, makan, kehilangan atau kenaikan berat badan dan tubuh image.All tiga kondisi dapat hadir dalam orang pada waktu yang sama.
  • Penurunan tingkat merokok, karena merokok menekan nafsu makan orang. Kebanyakan yang berhenti merokok mendapatkan 4-10 pound dalam 6 bulan pertama setelah berhenti. Beberapa orang mendapatkan sebanyak 25-30 pound.
  • Peningkatan proporsional dalam kelompok etnis dan usia yang cenderung lebih berat.
  • Genetika juga merupakan penyebab kegemukan. Seseorang lebih mungkin untuk menderita obesitas jika salah satu atau kedua orang tua mengalami obesitas.
  • Untuk wanita: Tidak menghilangkan kelebihan berat mereka yang mereka peroleh selama kehamilan.

Cara mengukur Obesitas

Indeks massa tubuh (BMI), merupakan proksi heuristik untuk lemak tubuh manusia berdasarkan berat dan tinggi  badan individu. BMI tidak benar-benar mengukur persentase lemak tubuh. BMI didefinisikan sebagai massa tubuh individual ini dibagi dengan kuadrat tinggi badannya. BMI memberikan ukuran tingkat populasi yang paling berguna dari kelebihan berat badan dan obesitas sebagai itu adalah sama untuk kedua jenis kelamin dan untuk semua usia dewasa, tetapi itu hanyalah panduan kasar karena mungkin tidak sesuai dengan derajat yang sama kegemukan di individual yang berbeda. WHO mendefinisikan orang dewasa yang memiliki BMI antara 25 dan 29,9 sebagai kelebihan berat badan-orang dewasa yang memiliki BMI 30 atau lebih tinggi dianggap obesitas-BMI di bawah 18,5 dianggap berat badan kurang, dan antara 18,5-24,9 dianggap berat badan sehat. Para ahli menduga bahwa risiko penyakit kronis pada populasi meningkat secara progresif dari BMI 21 ke atas.

Cara Mengobati atau Mengatasi Obesitas atau Kegemukan

Mengatasi Obesitas

Olah Raga:
Peningkatan aktivitas fisik atau olahraga adalah suatu keharusan untuk pengobatan orang obesity.Most adalah yang mampu mempertahankan berat badan mereka untuk jangka waktu yang lebih lama dari hanya beberapa bulan mendapatkan latihan rutin.

Olahraga adalah salah satu hal yang paling penting untuk mengikuti untuk mengatasi kegemukan. Untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan, diperlukan 250 sampai 300 menit olahraga per mingggu. Anda harus membuat rencana olah raga harian sendiri, atur sebuah tujuan yang ingin dicapai dan terus bekerja pada itu. Contoh olahraga yang membantu orang banyak untuk menurunkan berat badan adalah bersepeda.

Rutinitas harian
Terlepas dari olahraga Anda juga harus meningkatkan kegiatan sehari-hari, yang berarti misalnya jika toko tidak begitu jauh dari rumah Anda, bukannya pergi dengan mobil yang harus mereka hanya dengan berjalan. Cara  lain adalah secara teratur melakukan pekerjaan rumah, aktif dan bergerak akan membantu membakar kalori meskipun tidak sebanyak latihan aerobik.

Perubahan pola makan
Membakar kelebihan kalori dan makan makanan yang lebih sehat yang penting untuk mengatasi obesity.Although satu mungkin kehilangan berat badan dengan cepat pada awalnya, penurunan berat badan lambat dan mantap dari 1 sampai 2 pound per minggu dalam jangka panjang dianggap cara paling aman untuk menurunkan berat badan dan untuk mempertahankannya secara permanen.

Diet rendah kalori sangat penting, yang merupakan kunci untuk mengurangi berapa banyak kalori yang Anda ambil in. Diet rendah kalori ini harus diputuskan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan mereka dan ia bersama dengan Anda dapat meninjau Anda makan dan kebiasaan minum untuk melihat berapa banyak kalori yang Anda konsumsi dan jumlah yang Anda harus potong kembali. Juga dengan makan porsi besar makanan seperti buah-buahan, sayuran yang dikemas dengan kalori yang jauh lebih rendah daripada makanan penutup, lemak yang tinggi dengan tingkat energi tinggi. pada gilirannya akan mengurangi panci kelaparan, mengambil lebih sedikit kalori dan akan membuat orang merasa lebih baik tentang / nya dia makan.

Sebuah rencana makan yang sehat juga penting untuk mengatasi kegemukan. Rencana diet obesitas harus mencakup makan makanan berbasis seperti buah-buahan, sayuran dan karbohidrat gandum. Juga ncoba untuk memasukkan ikan dua kali seminggu bersama dengan membatasi garam dan menambahkan jumlah garam. Sedikit lemak harus dikonsumsi juga bersama dengan menempel dengan produk susu rendah lemak.

Anda mungkin tergoda untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dari diet tetapi kenyataannya adalah bahwa tidak ada penurunan berat badan cepat. Diet ini dapat membantu dalam jangka panjang dan satu dapat menjadi sangat senang dengan hasil yang seperti sejumlah besar berat hilang di waktu yang singkat, tetapi kenyataannya adalah bahwa ketika Anda menurunkan berat badan pada diet kecelakaan tetapi Anda lebih mungkin untuk mendapatkan kembali ketika Anda menghentikan diet. Untuk menurunkan berat badan dan kemudian menyimpannya Anda harus mengadopsi kebiasaan makan sehat yang Anda bisa menjaga dari waktu ke waktu.

Metode lain: 

Operasi penurunan berat badan

Dalam beberapa kasus operasi penurunan berat badan juga merupakan salah satu pilihan. Ini menawarkan kesempatan terbaik untuk menurunkan berat badan yang paling tetapi dengan dapat menimbulkan resiko serius . Itu membatasi jumlah makanan satu ini nyaman bisa makan atau mengurangi penyerapan makanan dan kalori atau keduanya. Namun itu bukan obat terbaik dan tidak ada jaminan bahwa Anda tidak akan mendapatkan kembali berat dalam keberhasilan jangka panjang tergantung pada fakta bahwa jika seseorang berkomitmen untuk membuat perubahan pada rencana diet dan berolahraga secara teratur terus setelah itu.

Ketika intervensi gaya hidup dan pengobatan farmakologis gagal, operasi bariatrik dianjurkan untuk mengurangi risiko komorbiditas terkait obesitas .suatu dua jenis utama dari operasi bariatrik adalah operasi terbatas dan operasi malabsorptive. Contohnya termasuk gastric banding, operasi ketat yang menciptakan kantong neogastric kecil untuk mengurangi kuantitas intake. Makanan terakhir termasuk bypass lambung, di mana prosedur malabsorptive dilakukan untuk mengatur ulang usus kecil untuk mengurangi efisiensi penyerapan nutrisi dari intestine.In umum, operasi membatasi dianggap lebih mudah dan aman, meskipun cenderung menyebabkan kurang penurunan berat badan jangka panjang. Selanjutnya, mortalitas dan komplikasi medis serius telah dilaporkan sebagai hasil dari operasi. Individu yang menerima operasi bariatric memerlukan suplemen gizi dan pemantauan medis untuk sisa hidup mereka, yang mengapa biasanya hanya diberikan kepada individu dengan BMI> 40kg / m 2 .

Resep Obat Penurun Berat Badan Untuk Obesitas
Menurunkan berat badan meskipun membutuhkan diet sehat dan seimbang ditambah dengan olahraga teratur, tetapi dalam beberapa kasus resep obat pelangsing mungkin membantu. Satu hal penting untuk diingat mengenai hal itu adalah bahwa itu harus digunakan bersama dengan diet, olahraga dan perubahan perilaku, bukan bukannya mereka. Jika Anda tidak membuat perubahan ini dalam hidup Anda, obat-obatan tidak mungkin untuk bekerja.

Ini mungkin dianjurkan jika metode lain penurunan berat badan tidak bekerja untuk seseorang atau indeks massa tubuh seseorang (BMI) adalah 30 atau lebih besar dan jika BMI Anda lebih besar bahwa 27 dan Anda juga memiliki komplikasi medis dari kegemukan seperti diabetes, darah tinggi tekanan atau sleep apnea.

Pengobatan farmakologi untuk obesitas hanya dipertimbangkan jika perubahan gaya hidup tidak berhasil. Orlistat atau Sibutramine adalah dua pengobatan farmakologis yang paling banyak diresepkan untuk kedua penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan, meskipun saran gaya hidup lanjutan dan dukungan bersama obat ditekankan. Sebagai contoh, telah menyarankan bahwa orlistat hanya diresepkan untuk orang dewasa dengan BMI> 28.0kg / m 2 atau faktor risiko tambahan atau untuk orang dewasa dengan BMI> 30,0 kg / m 2.

Fakta Tentang Kegemukan atau Obesitas

  1. Obesitas sulit untuk disembuhkan dan memiliki tingkat kambuh kembali tinggi. Dari 95% dari mereka yang menurunkan berat badan mendapatkan kembali berat badan dalam waktu lima tahun.
  2. Mengatasi Obesitas bukan hanya saran kosmetik. Kegemukan adalah penyakit medis kronis yang dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.
  3. Bahkan penurunan berat badan kecil dari 5% -10% dari berat awal dan pemeliharaan jangka panjang dari penurunan berat badan itu dapat membawa manfaat kesehatan yang signifikan dengan menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.
  4. Kemungkinan penurunan berat badan yang sukses jangka panjang ditingkatkan jika dokter bekerja dengan tim profesional, ahli diet, psikolog dan profesional olahraga.

Kesimpulan

Kita semua harus menyebarkan sadar-ness mengenai masalah penting ini sebagai Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar dan paling serius dari 21 century.In setiap negara, setiap tahun angka ini meningkat dan ini harus dianggap serius dan kita semua harus membuat upaya terkonsentrasi untuk menyebarkan kesadaran di antara orang-orang itu konsekuensi mengancam kehidupan dan membuat dunia lebih baik secara keseluruhan. Itu secara signifikan mengurangi harapan hidup, dan saya untuk 1:00 memastikan bahwa setiap orang memahami kebutuhan untuk tetap sehat dan fit. Untuk semua mereka yang saat ini menderita masalah ini, silakan mengambil langkah-langkah untuk menyembuhkannya, daripada menyesal kemudian. Itu merupakan salah satu penyebab dicegah terkemuka dunia kematian luas dan jika tindakan pencegahan awal yang diambil itu akan membantu dalam menghindari konsekuensi serius. Kita semua cinta keluarga kita jadi setidaknya demi itu, mereka yang menderita dari itu harus bertindak cepat dan sehat kaya dan hidup bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *