Nama Obat Alergi Kulit (Bisa dibeli di Apotik)

Alergi kulit merupakan penyakit yang sudah tidak asing bagi kehidupan sehari-hari, terutama faktor genetik, dimana alergi akan dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya penyebab alergi sendiri beragam macamnya. Alergi bisa menyerang segala usia tetapi kulit anak lebih mudah terkena penyakit karena tingkat kelembaban yang tinggi.
Alergi pada umumnya memiliki beberapa faktor sehingga memunculkan rekasi berbeda pada setiap orang.
Faktor-Faktor Alergi Kulit
Alergi pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari faktor luar dan faktor dalam. Berikut adalah beberapa penyebab dari alergi:
Stress
Kelelahan
Cuaca (terlalu lembab, panas, dingin, dan perubahan udara terlalu ekstrim)
Faktor lingkungan seperti asap rokok, asap kendaraan, asap debu dan semacamnya
Keturunan dan gen
Faktor makanan seperti kacang, seafood, ikan
Serangga seperi ulat, tawon, semut, nyamuk dan semacamnya
Cara Mencegah Alergi Kulit
Apabila terdapat penyebab dan faktor maka terdapat pencegahan yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:
1. Menggunakan masker
Masker yang digunakan pada saat berpergian bisa menanggulangi paparan debu yang terhirup. Alergi yang disebabkan karena terhirupnya udara kotor bisa dikkurangi dengan memakai masker, terutama ketika berjalan di pinggir jalan dan mengendarai motor. Selain itu, ketika membersihkan debu kotoran di rumah seperti menyapu maka gunakan juga masker untuk mencegah alergi.
2. Menjaga asupan makanan
Faktor penyebab paling lumrah adalah makanan yang masuk tidak diperhatikan dengan baik, terkadang kita terlalu tergiur dan lupa dengan makanan yang terlarang sehingga bisa membuat tubuh menolak seperti menimbulkan alergi kulit. Cobalah mengonsumsi buah-buahan segar dan menetralitis seperti kelapa. Selain itu, konsumsi sayur memang wajib bagi seorang yang ingin sehat.
3. Membersihkan diri
Biasakan untuk selalu membersihkan diri, terkadang kita kecapean dan langsung rebahan di atas kasur, padahal keringat dan kuman masih menempel di kulit. Pada kondisi seperti itu yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat alergi pada kulit seperti gatal-gatal.
Gejala alergi pada umumnya tergantung kepada faktor penyebab yang ada. Misalnya alergi dari makanan maka bisa menimbulkan gejala pada mulut. Lalu bagaimana dengan gejala akibat alergi terhadap sengatan serangga dan lain faktor? Berikut adalah ulasannya:
Alergi akibat gigitan serangga
Gigitan serangga biasanya akan menyebabkan pembengkakan pada bagian gigitan, biasanya memunculkan gejala lain seperti batuk-batuk, gatal di seluruh tubuh, sesak napas dan sesak dada.
Alergi akibat udara
Apabila alergi yang diderita diakibatkan oleh serbuk sari, debu, polusi dan semacamnya maka gejala yang ditimbulkan adalah bersin terus-menerus, hidung berair, hidung mampet, sulit bernafas, gatal pada hidung, mata memerah atau berair, mata bengkak.
Alergi akibat makanan
Gejala yang ditimbulkan berupa gatal pada bagian mulut, geli pada mulut, bibir membengkak, tenggorokkan gatal atau geli, lidah dan mata membengkak. Selain itu, mual-mual, kulit gatal dan memerah, diare, sakit perut bisa menjadi alergi terhadap makanan yang dikonsumsi.
Alergi akibat obat
Perhatikanlah obat yang dikonsumsi karena bisa berakibat fatal terhadap tubuh. Gejala yang timbul akibat dari konsumsi obat yang salah atau ditolak oleh tubuh adalah kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, gatal dan ruam pada kulit, lemas berlebihan.
Bagaimana jika alergi tersebut menyerang? Berikut adalah nama-nama obat alergi kulit yang bisa dipilih:
Pengobatan sistemik
Pengobatan ini diperuntukkan untuk mengurangi rasa gatal yaitu dengan mengoleskan antihistamin seperti terfenadin atau difenidramin atau antihistamin non-klasik.
Antibiotik
Apabila terjadi infeksi atau perluasan kulit yang alergi maka lebih baik konsumsi obat antibiotik dan mengoleskan salep antibiotik seperti sefalosporin, eritromisin, ampisilin dan kloksasilin.

Baca Juga: Nama Obat Untuk Diare