Beranda / Kesehatan

Nama Obat Diare(Mencret) Yang Manjur dan Aman!

Nama Obat Diare
Pengertian Diare
Diare merupakan asal kata dari bahasa Inggris yaitu diarrhea. Diare merupakan sebuah penyakit dimana feses atau tinja berubah menjadi lebih lembek atau encer atau cair dengan intensitas yang sering yaitu minimal tiga kali dalam satu hari (24 jam). Pada negara yang masih berkembang, diare merupakan penyebab dari meninggalnya balita secara umum dan membunuh lebih dari 2.6 juta manusia selama satu tahun.
Penyebab Diare
Kondisi seperti diatas didapatkan ketika terjadi kelebihan vitamin C, gejala dari luka, alergi terhadap fructose, lactose), memakan buah tertentu. Sakit perut, muntah dan mual merupakan ciri-ciri atau gejala yang biasa diterima oleh penderita. Terdapat kondisi lain yang dapat terjadi, tetapi sangat jarang. Definisi secara medis sendiri, diare merupakan defekasi dimana kadarnya lebih dari 200 gram/hari.
Contoh paling konkretnya adalah mengonsumsi makanan terlalu asam, terlalu pedas, atau santan yang berlebihan bisa menimbulkan diare karena menyebabkan usus kaget.
Cairan yang tidak bisa diserap secara sempurna oleh usus besar akan menimbulkan diare. Dimana proses digestasi atau masuknya cairan yang tercampur makanan lebih besar kandungan airnya. Hal itu menyebabkan diare, dimana penyebab yang biasa terjadi adalah kotoran berisi banyak air karena penyerapan tidak terjadi akibat dari peradangan usus besar.
Saat ini kebanyakan diarea yang diderita oleh pasien dikarenakan infeksi viru dan racun bakteria. Makanan menjadi faktor penyumbang yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh. Pasien yang tidak parah bisa sembuh dengan memperhatikan makanan yang masuk, kebersihan lingkungan, mengonsumsi air mineral dimana lama penyembuhan paling cepat selama satu minggu. Tetapi, apabila pasien tersebut mengalami diare yang parah, kemudian kekurangan gizi dan sakit dapat menyebabkan kematian sehingga membutuhkan perawatan intensif karena bisa menimbulkan dehidrasi.
Diare yang paling serius adalah ketika penyakit memiliki gejala seperti kolera, disentri, botulisme dan bisa menjadi indikasi dari sindrom kronis yaitu penyakit Crohn. Diare juga bisa menjadi geala dari radang usus buntu. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol secara over dosis atau berlebihan, ditambah jarang mengonsumsi makanan sehat. Apabila mengonsumsi alkohol, lebih baik tubuh diberikan asupan makanan terlebih dahulu.
Mari sekarang kita membahas jenis penyembuhan dan nama obat diare.
Penyembuhan dan Nama Obat Diare
Perawatan pada pasien diare biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral dalam jumlah banyak karena tubuh akan cenderung lemas karena kekurangan cairan sehingga berkemungkinan menderita dehidrasi. Disarankan mengonsumsi air elektrolit seperti campuran air garam atau oralit serta tablet zinc. Jadi, penanganan pertama pada pasien diare adalah pemberian oralit.
Berikut rekoomendasi obat diare:
Oralit, berguna untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare.
Suplemen zinc, berikan obat dengan merek seperti zinc kid, zinc pro, atau L sinc.
Probiotik, berguna sebagai suplemen untuk pasien yang mengalami diare akut. Daftar obat yang bisa dipilih adalah L Bio, Lacto B, BioGI, atau Pro Bi.
Obat muntah, apabila pasien mengalami mual-muntah, maka pilih obat seperti Cedantron, Entron, Dantroxal, Vomceran, Vometraz, Zantron, Lametic, Zofran, Frazon, Invomit, Onetic 4, DOM, Vometa, Domperidone.
Diare adalah pembuangan toksin atau racun, sehingga tidak perlu pengobatan yang berlebihan tetapi hanya perlu membuat tubuh kembali normal dengan mencegah dehidrasi yaitu dengan melakukan rentetan perawatan di atas.

Baca Juga: Nama Obat Untuk Alergi Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *